Rabu, 14 Januari 2009

Tobi Moektijono dan Soal Matematika Uniknya

Soal matematika mungkin menjadi sosok yang mengerikan untuk kita, apalagi untuk anak kelas II SMP, akan tetapi lain halnya untuk Tobi Moektijono yang berusia 14 tahun. Di usianya yang masih muda itu, ia tidak hanya piawai dalam memecahkan soal matematika, ia juga piawai dalam membuat soal matematika.



Menurutnya, matematika bukan hanya sekedar mencari angka akhir dari sebuah proses penghitungan matematis, matematika juga dapat digunakan untuk mengasah pola pikir kreatif dan logika. Karena untuk menyelesaikan satu soal matematika, cara atau jalan yang ditempuh ada banyak.


Membuat soal matematika yang ia akui sebagai hobi ia lakukan pada waktu senggangnya, “Saya buat soal-soal matematika karena senang membuat persoalan untuk dipecahkan sendiri,” ujar anak yang sudah meraih prestasi bidang matematika tingkat internasional sejak duduk di bangku kelas V SD Santa Maria itu.


Pelajar yang sekarang duduk di bangku kelas II SMP Kolese Kanisius, Jakarta ini juga bahkan sudah membuat kumpulan soal-soal yang ia buat menjadi buku, sejauh ini Tobi sudah membuat dua buku yang salah satunya berjudul “Kumpulan Soal-soal Unik Matematika” yang diterbitkan Maret 2006. Disebut unik karena dari soal-soal yang ia buat, banyak di antaranya yang belum ada di buku-buku matematika pada umumnya.


Menurut Tobi yang membuat matematika menjadi hal yang sulit adalah kerangka berpikir tentang matematika itu sendiri. “Kalau dari TK, matematika dibilang enak, ya seterusnya dia akan menyukai. Tapi, rata-rata orang bilang soal matematika itu susah, atau gurunya galak, pekerjaan rumahnya banyak,” katanya.


Meskipun Tobi memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang matematika, ia mangaku masih memiliki kekurangan, ia masih kurang dalam menghapal rumus-rumus matematika yang diberikan oleh gurunya.


Dalam membuat soal, Tobi mengaku dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja, ketika makan di restoran pun ia dapat menggunakan kertas yang ada untuk menulis soal yang sudah lengkap dengan jawabannya.


Adapun ibunda Tobi, Grace yang dengan telaten mengumpulkan soal-soal yang dibuat oleh Tobi dari kelas IV-VI SD yang berjumlah 150 soal dan semua kreasi sendiri.


Ide untuk mengumpulkan soal-soal yang dibuat Tobi menjadi buku dan diterbitkan datang dari Kepala SD Santa Maria, Suster Alexis.


Tobi dibantu oleh Ridwan Hasan Saputra, Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA dalam kompetisi matematika internasional.



Kreativitas dan kejujuran dilatih lebih penting dari royalti buku yang ia dapat. “Ia harus berani mempertanggungjawabkan, karena ada jawaban,” kata Heruprasjogo, ayah Tobi.


Tobi mengaku senang bisa memiliki buku dan ia mengaku kalau PR matematikanya sering dipinjam oleh teman-temannya.


Untuk buku keduanya, yang hanya berjumlah 80 soal dan terbit 1, tahun setelah bukunya yang pertama, Tobi mendapat masukan dari Kepala Sekolah SMP Kolese Kanisius, Br Y Triyono, SJ.


“Setiap soal saya beri solusi alternatif, karena daeri satu soal yang sama, cara menjawabnya bisa beda,” jelas Tobi yang bercita-cita menjadi ahli genetika.


Minat dan bakat Tobi terlihat sejak ia berusia 2,5 tahun, ia lebih menyukai angka dan huruf ketimbang mainan untuk anak seusianya dan ia memliki impian untuk menemukan rumus matematikanya sendiri.


Saat ia duduk di bangku kelas IV SD, ia diikutkan lomba matematika yang lantas ia ungguli, ia kemudian disertakan pada lomba-lomba internasional oleh Departemen Pendidikan Nasional. Tobi pun menjadi juara pada International Mathematics and Science Olympiad pada tahun 2005 dan juga memperoleh penghargaan teori terbaik.


Tahun ini Tobi sedang mempersiapkan diri untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Sains Nasional 2008 di Makasar, Sulawesi Selatan, tahun ini ia akan berkompetisi di tingkat SMA, karena ia sudah pernah meraih medali emas di tingkat SMP.


Terus menciptakan soal-soal matematika menjadi tekad Tobi, karena selain bermanfaat untuk dirinyajuga dapat berguna untuk sesama pecinta matematika.



Sumber: www.kompas.com

0 komentar:

Followers

Text

  ©Template by Dicas Blogger.